Jumat, 24 Januari 2014

cara meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh beserta asupan makanan yang penting bagi tubuh untuk olahraga / latihan fisik

Saat berolahraga kita butuh stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini sangat penting peranannya agar kita tetap fit dan stamina kita terjaga.

Cara meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh saat berolahraga
1. Olahraga, olahraga, olahraga
Menurut James Rippe, ahli jantung sekaligus direktur Rippe Lifestyle Institute di Shrewsbury, Massachusetts, AS, olahraga terutama jenis aerobik adalah obat terbaik mengatasi kelelahan dan menambah energi. Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh. Lebih banyak oksigen yang sampai ke panas lagi organ dalam dapat bekerja, sehingga meningkatkan efisiensi produksi energi.
2. Minum lebih banyak
Kurang cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen.
3. Makan sedikit, tetapi sering
Makanlah dengan porsi kecil bergizi seimbang, tetapi sering. Makan porsi besar kaya karbihidrat menyebabkan gula darah membumbung. Ini membuat lebih banyak insulin yang dikeluarkan tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan terlalu banyak gula darah dikirim ke sel otot untuk disimpan. Inilah biang keladi kelelahan.
4. Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3
Dr. Roberta Lee, Direktur Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York AS, menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Mengapa? Vitamin antioksidan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.
5. Ubah rutinitas
Bila kegiatan sehari-hari sudah dapat ditebak, ubah kebiasaan itu. Ini dapat menyebabkan kebosanan, biang keladi penguras energi. Coba dengarkan jenis musik baru, tempuh rute baru ke kantor, atau ngobrol dengan orang baru.
6. Beri prioritas
Buat daftar hal paling penting dalam hidup, apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, kata Tony Schwartz, pengarang buku The Power of full Engagement, akan menghabiskan energi.
7. Istirahat sejenak
Manusia sudah diprogram oleh yang Maha Kuasa untuk bergerak antara menghabiskan dan meregenerasi energi. Siklus ini, kata Schwartz, berlangsung selama 90-120 menit, selama waktu kelelahan. Istirahatlaaah beberapa menit untuk memulihkan energi.
(resource:  http://tahitiannoniindonesia.net/meningkatkan-stamina-dan-daya-tahan-tubuh/)


KOMPAS.com -  Pilihan makanan dan minuman yang tepat dapat memaksimalkan manfaat olahraga. Juga mengatasi berbagai risiko yang muncul saat beraktivitas fisik. Beberapa makanan sehat berikut ini tak hanya mendorong performa saat berolahraga namun juga mendukung program diet Anda.

1. Kopi.
Pelari menyukai kopi karena bisa menambah stamina. "Para peneliti menunjukkan kafein pada kopi meningkatkan ketahanan fisik dan stamina, olahraga lari jarak jauh pun terasa lebih ringan karenanya," jelas  Molly Kimball, R.D., pakar diet di Ochsner’s Elmwood Fitness Center, New Orleans.

Minum kopi hangat atau dingin, setengah jam sebelum mulai berolahraga. Tapi kalau pencernaan Anda bermasalah, mundurkan waktunya, minumlah kopi satu jam sebelum latihan fisik. Selain kopi, teh hijau juga memberikan manfaat yang sama. Boleh tambah susu tapi hindari gula yang bisa menghilangkan manfaat kafein pada minuman ini.

2. Jahe.
Setelah latihan fisik yang cukup berat, biasanya keluhan seperti sakit otot kerap muncul. Kalau rasa sakitnya semakin intens, jahe bisa menjadi peredanya. Studi menunjukkan konsumsi setengah sendok teh tanaman herbal atau akar-akaran, sehari setelah berolahraga berat akan mengurangi nyeri otot 25 persen. Tanaman herbal seperti jahe bisa jadi pilihan karena mengandung zat penghilang rasa sakit seperti gingerol,shogaol, dan zingerone. Penelitian yang tercatat di Journal of Pain menyebutkan bahwa jahe lebih efektif mengatasi nyeri otot. Tambahkan beberapa potong jahe ke dalam teh atau gunakan jahe sebagai bumbu marinasi dalam ayam.

3. Apel.
Apel mengandung kersetin (salah satu zat aktif flavonoid) yang bisa meningkatkan metabolisme energi yang berpengaruh pada ketahanan tubuh. Studi menunjukkan, suplemen dengan kandungan kersetin membantu pesepeda pemula meningkatkan performanya 13 persen lebih tinggi. Namun untuk mendapatkan manfaat ini (sesuai dosis suplemen tersebut), Anda harus mengonsumsi satu ton apel. Tapi Anda tak perlu menyiksa diri, cukup dengan rutin makan apel sebagai camilan, kebiasaan ini bisa membantu Anda meningkatkan performa dalam berolahraga.

4. Jus tomat.
Penelitian terbaru dalam jurnal nutrisi menyebutkan minum lima ons jus tomat selama lima minggu bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan dari radikal bebas dampak dari kegiatan bersepeda dengan intensitas tinggi. Kandungan antioksidan pada tomat membuat tubuh kembali bugar dan siap untuk bersepeda keesokan harinya.

5. Sayuran hijau.
Salad tak hanya baik untuk diet tapi juga ampuh mengatasi kerusakan otot. Orang yang makan tiga ons salad per hari selama delapan minggu sebelum berolahraga, dapat mengurangi risiko kerusakan otot pasca latihan fisik. British Journal of Nutrition menunjukkan sayuran hijau kaya nutrisi seperti beta karoten dan vitamin E baik untuk otot dan bisa membantu mempercepat pemulihan otot.

6. Kismis.
University of California mengadakan penelitian terhadap orang yang berlari selama 80 menit. Para pelari ini ada yang mengonsumsi 100 kalori kismis atau hanya minum air saja, lalu lari 5K. Mereka yang makan kismis berlari satu menit lebih cepat dibandingkan mereka yang hanya minum air putih. Buah kering ini mengandung karbohidrat yang memberikan asupan energi bagi tubuh. Sebaiknya konsumsi kismis satu jam sebelum olahraga untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Jus cherry.
Kimball mengatakan peradangan merupakan momok bagi otot, yang bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Hal ini memengaruhi performa untuk latihan fisik berikutnya. Buah cherry bisa mengurangi penderitaan pada otot ini.

"Buah cherry kaya kandungan polyphenol seperti flavonoid dan anthocyanins, yang bisa mengurangi peradangan," jelas Kimball.

Peneliti di Inggris mengungkapkan, atlet mengonsumsi konsentrat dari buah cherry setap hari selama seminggu dan dua hari setelah latihan kekuatan tubuh. Kebiasaan ini membuat otot mereka pulih lebih cepat setelah berolahraga. Anda bisa meniru kebiasaan baik ini, dengan lebih rajin mengonsumsi jus cherry setiap pagi.

8. Pisang.
Beberapa orang suka mengonsumsi minuman berenergi sebelum berolahrga. Namun bagi Anda yang tidak menyukai rasa manis, Anda bisa menyuplai energi dengan pisang. Makan pisang sebelum melakukan olahraga lari atau sepeda. Penelitian dari Appalachian State University menunjukkan konsumsi pisang bisa menambah asupan energi untuk membantu performa saat berolahraga.

Karbohidrat yang terkandung pada pisang mudah dicerna tubuh. Selain juga mengandung vitamin B6 yang juga penting untuk meningkatkan performa selama berolahraga. Kandungan potasium pada pisang juga bisa mencegah kram otot. Kandungan gula alami pada pisang juga lebih aman untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi setengah porsi pisang ukuran besar setiap 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

9. Umbi-umbian.
Penelitian terbaru yang tercatat dalam  Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa makan tujuh ons umbi panggang 75 menit sebelum olahraga meningkatkan performa pelari. Pelari yang mengonsumsi umbi-umbian panggang lari tiga persen lebih cepat untuk rute 5K, dan di beberapa meter terakhir mereka bisa lari lima persen lebih cepat. Umbi-umbian mengantarkan oksigen lebih banyak ke otot, sehingga mengurangi kelelahan otot saat beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

10. Yogurt.

Para peneliti medis untuk latihan fisik dan olahraga mengatakan asupan protein memengaruhi pemulihan otot pascaolahraga. Anda pun bisa menikmati protein pada waktu snacking jelang waktu tidur.

Setelah melakukan latihan kekuatan tubuh, sejumlah orang makan 20 gram protein. Satu kelompok orang dari mereka kemudian mengonsumsi protein di waktu ngemil pada malam hari sebelum tidur. Mereka yang makan protein sebelum tidur secara signifikan meningkatkan sintesis protein, yang membantu  perbaikan, membangun, dan memperkuat otot.

Saat Anda berolahraga, dan merasakan otot terasa mulai melemah, konsumsilah yogurt dengan kandungan protein tinggi. Kalau Anda menemukan yogurt Yunani, sebaiknya pilih jenis ini karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan yogurt biasa.
(http://female.kompas.com/read/2012/10/24/1403418/Asupan.Pendorong.Performa.Saat.Olahraga)

9 komentar:

  1. Tips nya cukup oke, blognya juga bagus. Sekalian tambahin juga suplemen makanan yang bagus apa saja. Soalnya saya dikenalkan kepada suplemen untuk stamina supervira namun belum tau sebagus apa khasiatnya.

    BalasHapus
  2. lengkap banget gan tips mengenai cara meningkatkan stamina dan daya tahannya

    BalasHapus
  3. thank's sangat membantu gan,,
    ini dia nih yang kucari ijin share gan

    BalasHapus
  4. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  5. Mantab, terima kasih kak saran untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit..

    BalasHapus
  6. Agen BOLAVITA kini sedang mengadakan banyak Promo Bonus untuk permainan Sabung Ayam.

    Berikut BONUS yang akan diberikan oleh Agen BOLAVITA:
    • Bonus 10% untuk NEW MEMBER
    • Bonus 5% untuk Setiap Harinya
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Bonus Referral 7% + 2%
    • Bonus Flash Deposit untuk setiap hari jumat, new member dapat akumulasi dengan bonus NEW MEMBER

    Cukup banyak dan menguntungkan bukan?

    Agen BOLAVITA merupakan Agen Judi Terbesar di Indonesia, yang berani membayar kemenangan Anda. Berapapun kemenangan Anda pasti akan dibayar langsung!!!

    Minimal Deposit hanya Rp 50.000 saja, dengan 50.000 saja sudah bisa menangkan sampai ratusan juta Rupiah!!

    Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus